Ketika sesuatu terasa sulit untuk dimengerti, Bacalah!
Ketika sesuatu itu sulit untuk diucapkan, Tulislah!

.

Di usia saat ini, apa saja yang telah diperbuat?

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 17.03.00

Ada yang tahu dengan Joey Alexander?

Saya juga baru beberapa bulan ini akrab dengan nama tersebut. Salah satu nama yang sering di ceritakan dalam berita. Walau masih dalam usia belia, Joey Alexander sudah banyak dikenal dengan prestasi dan kemampuannya yang luar biasa dalam memainkan piano. Ia juga mendapatkan 2 nominasi di ajang penghargaan musik bergengsi di Amerika, Grammy Awards, dalam kategori: Best Instrumental Jazz Album dan Best Improvised Jazz Solo. Hal itu membuat Joey Alexander menjadi nomine termuda di ajang Grammy Awards ke-58. Walau tidak menjadi pemenangnya, Joey Alexander sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Seangkatan dengan Joey, ada juga Musa yang menyentak dunia. Musa La Ode Abu Hanafi nama lengkapnya. Di usianya tujuh tahun ini, Musa sebagai hafiz (Penghafal Alquran) sudah memukau dunia setelah menjadi juara ke-3 dalam Musabaqah Hifzil Quran Internasional di Sharm El-Sheikh, Mesir. Hebatnya, Musa adalah kontestan termuda dalam Musabaqah Hifzil Quran Internasional kategori 30 juz untuk anak-anak. Kontestan lain berusia lebih dari 10 tahun. Tak hanya juri dan penonton, para pesaingnya juga kagum padanya. 



Diatas adalah 2 contoh prestasi yang diraih pada usia belia. Ada ribuan cerita lain yang dapat membuat saya terkagum bercampur iri mendengar dan membaca ceritanya. Rasanya malu pada diri yang belum melakukan apa-apa. Namun ada kegigihan, keseriusan, dan usaha keras yang menjadi pelajaran untuk kita bersama.  Tidak mungkin segala prestasi itu diraih dalam waktu semalam.


Coba berbalik pada diri dan bertanya, Di usia saat ini, apa saja yang telah diperbuat?  Seharusnya saat ini sudah ada sesuatu yang dapat dibanggakan. Tidak perlu hingga semua orang tahu. Cukup sesuatu yang sederhana dan memberikan manfaat.





Jika diusia saat ini, kita juga belum melakukan apa-apa dan masih bergantung pada yang lain. Cobalah mulai sesuatu yang baru. Mulai dari sesuatu yang disukai dan berikan manfaatnya pada orang lain.  Walau orang-orang hanya akan melihat pada saat kita meraih sesuatu atau telah berada di 'puncak' dan hanya sedikit yang mengetahui usaha apa yang telah kita lakukan atau usaha keberapa yang dapat membuat menjadi terlihat. Selama itu masih hal yang disenangi, maka  hal itu tidak akan memberatkan.

Segala sesuatu memiliki langkah awal. Seorang profesional sekalipun dimulai dari seorang amatir. Awalnya akan terasa berat. Namun secara perlahan dan pasti segala sesuatu akan menjadi ringan dikerjakan. Tetap ingat, di tengah langkah kecil itu. Ada saja yang coba mengganggu dan menghentikan langkah-langkah itu. 

Mulai hari ini dan jangan menunggu untuk nanti. Dan waktu tidak pernah menunggu hingga kita memulainya.


Tulisan ini bukan berarti menggurui tetapi tulisan ini hanya sekedar mengingatkan kembali pada diri. Yang menulis tidak lebih baik dari yang membaca. Semoga menjadi renungan untuk kita bersama.

*Syuhada_

----------------------------------

Share :

----------------------------------

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Salmansyuhada